Menulis Dan Mengabadikan di EtnisID

Menulis artikel Di ETNIS.ID kamu telah turut berkontribusi dalam membuktikan bahwa indonesia itu kaya akan budaya. Aneh rasanya jika budaya-budaya kita di klaim oleh negara-negara lain hanya karena kurangnya informasi

Etnis.ID menjadi tempat yang memungkinkan anda memberikan informasi dari beragam aspek, misalnya budaya, adat-istiadat, tradisi suku tertentu, jejak peradaban dan lain sebagainya yang terkait dengan kebudayaan dan adat istiadat. Lingkup bahasannya pun beragam, seperti etnomusikologi, tarian, ritual, upacara adat, makanan khas daerah dan apapun didaerahmu yang membuat kamu tertarik untuk menulisnya. Asyiknya, ETNIS.ID juga mengakomodir kreativitas teman-teman semua untuk mengirimkan materi dalam beragam format, misalnya tulisan, foto, atau bahkan video.

Untuk jangkauan pembaca, ETNIS.ID yang merupakan bagian dari PT. Lontar Media Nusantara, mempunyai pembaca dari berbagai komunitas, baik di sosial media maupun kalangan komunitas adat yang ada di nusantara, menjamin karyamu dapat dinikmati dan memberi manfaat untuk banyak orang.

Mengapa Menulis Di EtnisID?

Menulis artikel Di ETNIS.ID kamu telah turut berkontribusi dalam membuktikan bahwa indonesia itu kaya akan budaya. Aneh rasanya jika budaya-budaya kita di klaim oleh negara-negara lain hanya karena kurangnya informasi maupun arsip yang membuktikan keberadaan salah satu kebudayaan kita. Selain itu akan meningkatkan pengalaman kamu dalam menulis dan melestarikan kebudayaan yang ada di nusantara. Karena kami percaya bahwa keterampilan tidak datang secara cepat. Dibutuhkan proses untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas tinggi. Hadirnya kamu di ETNIS.ID akan membantu mewujudkan ketahanan nilai-nilai budaya, dalam upaya menuju bangsa yang bermartabat, berkarakter dan majemuk. ETNIS.ID bangga menjadi bagian dari pengalaman menulismu.

Bagaimana Menulis Di EtnisID?

Tulisan dapat berbentuk artikel, essai, ataupun catatan perjalanan ke suku-suku terdalam. Karya tulisan yang kamu buat dapat kamu kirim lewat surel (E-Mail) alamat: redaksi@etnis.id dalam format DOC/DOCX minimum 1000 kata. Jangan lupa melampirkan nama lengkap dan foto profil kamu. Setiap tulisan yang masuk akan melalui proses plagiarism check dan penyuntingan oleh tim editor EtnisID. Kami akan mengkonfirmasi secepatnya (7 hari kerja) jika tulisan kamu layak di terbitkan dan mendapatkan honorarium.

Mengabadikan Gambar Fotografi atau Videografi

Untuk para rekan-rekan fotografer atau yang hobi mengabadikan foto tentang kegiatan ritual suku-suku, etnik, adat-istiadat, kebudayaan, terian-tarian, etnomusikologi dan hal-hal yang terkait dengan dokumentasi kebudayaan tanah air, kalian juga bisa terlibat program ini. Foto menjadi unsur yang penting dalam tulisan-tulisan ataupun galeri di Etnis.ID. Karena dengan foto yang menarik dan berkualitas tinggi akan memantik pembaca dalam menikmati tulisan para penulis kami.

Karya gambar yang kamu buat dapat kamu kirim lewat surel (E-Mail) alamat: redaksi@etnis.id dalam format JPG/RAW/MP4 minimum ukuran 1200x800 pixel untuk foto dan minumum 1080p untuk video.

Setiap foto ataupun video yang masuk akan melalui proses pengecekan tentang orisinalitas gambar oleh tim Data EtnisID. Kami akan mengkonfirmasi secepatnya jika foto kamu layak di terbitkan, tentunya dengan honararium yang menanti.

Harap diperhatikan bahwa seluruh karya yang dikirim belum pernah diterbitkan dalam media apapun. Untuk pertanyaan dan diskusi lainnya bisa dikirimkan melalui sosial media @EtnisID (Facebook, Twitter, Instagram).